Pasti anda sering mengira bahwa penyakit cacingan hanya akan menyerang anak-anak saja. Namun tahukah anda bahwa penyakit ini ternyata mengacu pada kondisi dimaan cacing yang ada disekitar kita menembus dan masuk ke dalam kulit tubuh kita. Jika sudah dalam rahap ini, maka anda harus tahu cara mengobati cacingan yang sering digunakan agar cacing tidak berkembang biak sehingga membahayakan organ dalam kita. Dan mengapa anak kecil yang paling sering terkena masalah ini? Ternyata karena mereka belum terbiasa untuk menjaga kebersihan dan tidak pernah memperhatikan lingkungan bermain mereka. Maka dari itu, kita sebagai orang dewasa ataupun orang tua. Kita harus bisa memberikan lingkungan yang bersih dengan sanitasi yang bersih pula.
Nah, berikut ini beberapa informasi terkait bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati cacingan yang anda atau anak anda alami.

    • Konsumsi wortelPasti anda tak pernah menyangka kalau ternyata wortel sangat bermanfaat untuk mengatasi cacingan. Karena sebelumnya wortel sendiri dikenal sebagai sayuran yang sangat baik untuk mata karena kandungan vitamin Anya yang sangat tinggi. Ternyata wortel sendiri mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa membantu kita melawan parasit-parasit yang jahat seperti cacing. Selain itu, kandungan serat yang banyak bisa membantu pencernaan untuk mengeluarkan racun-racun dan cacing yang hinggap di dalam sistem pencernaan kita.
    • Konsumsi bawang putih
      Bawang putih memang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Salah satunya adalah untuk mengatasi cacingan yang diderita oleh manusia. Asam amino yang terkandung di dalam bawang putih ternyata memiliki sifat anti parasit yang sangat berguna untuk membunuh mikroba-mikroba jahat yang tumbuh di dalam tubuh manusia. Cara mengobati cacingan dengan bawang putih cukup mudah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung (cara ini dianjurkan untuk orang dewasa), jika untuk anak-anak anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan ataupun susu yang diminum oleh anak anda. Atau jika anda tidak ingin mengkonsumsi bawang putih ini, anda bisa menghaluskannya lalu mencampurkannya dengan minyak telon dan menempelkannya di bagian anus anda. Agar cacing yang ada pada pencernaan bisa terpancing dan mati dengan sendirinya.
    • Gunakan biji pepaya matang
      Jika anda memiliki pepaya di rumah, jangan langsung dibuang bijinya. Dengan biji pepaya, anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi cacingan yang sedang diderita. Mengapa biji pepaya bisa membantu anda mengatasi cacingan yang diderita? Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya seperti caricin, carpaine, sitosterol, benzylthiourea, dan kandungan lainnya yang sangat berguna untuk membunuh parasit dalam tubuh yang sedang cacingan. Selain itu, dengan biji pepaya matang, anda juga bisa mengurangi peradangan dari perkembangan cacing. Sehingga mereka tidak bisa berkembang biak lagi dan menginfeksi sistem pencernaan kita. Cara penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu menjemur beberapa biji pepaya hingga kering. Setelah itu haluskan dan campurkan bubuknya ke dalam air hangat atau minuman yang sedang dikonsumsi
    • Konsumsi teh cengkeh
      Teh cengkeh adalah salah satu jenis teh yang bisa mengeluarkan semua jenis telur dari tubuh si cacing. Sehingga cengkeh ini sangat berguna untuk obat cacingan terutama untuk orang dewasa. Karena dosisnya yang sangat tinggi. Namun anak-anak juga bisa mengkonsumsi cengkeh ini dalam tingkatan dan jumlah yang terbatas. Cara mengobati cacingan yang satu ini sudah dikenal sejak jaman dahulu, dan banyak digunakan sebagai jamu untuk menambah stamina juga.
READ  Apa Saja Penyebab Bayi Berat Lahir Rendah ?

Sumber :
www.honestdocs.com