Inilah Penyebab Asma pada AnakAsma dapat  memengaruhi orang-orang dari segala usia. Akan tetapi, penyakit asma ini paling sering diawali saat masa kanak-kanak. Penyebab asma pada anak saat asma tersebut kambuh maka dapat mengganggu waktu tidur, bermain, dan aktivitas anak lainnya. Asma memang merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tetapi Anda dan anak dapat mengurangi gejala dengan mengikuti berbagai  perencanaan  tindakan pengobatan asma.

Asma biasanya membuatnya anak-anak menjadi kesulitan bernapas akhirnya ia tidak bisa bebas bermain bersama teman hingga tampak lesu seharian. Asma dapat kambuh kapan saja, terutama anak Anda terkena pemicu terjadinya serangan asma contohnya  polusi, atau jika terserang alergi tertentu. Kegiatan mendiagnosis serta mengelola asma pada anak, terutama pada anak di bawah usia 5 tahun bukan merupakan perkara gampang. Asma pada anak memiliki karakteristik yang perlu ditangani secara berbeda tergantung pada usianya.  Tidak semua anak memiliki gejala asma yang sama akan tetapi gejalanya bervariasi tergantung dari kekambuhan asma yang muncul pada anak tersebut. Oleh karena itu, penting dalam mengetahui kondisi mendetail pada anak yang menderita asma.

READ  Cara Alami Mengobati Cacingan Yang Harus Anda Lakukan

Mari cari tahu semua informasi mengenai penyebab asma pada anak Aanda penjelasan di bawah ini.

  1. Asap rokok

Peneliti senior dokert Avni Joshi yang merupakan ahli alergi dan imunologi di Mayo Clinic Children’s Center di Rochester, Minnesota menyebutkan bahwa kebiasaan orangtua merokok di depan anak dapat memungkinkan anak juga merokok pada usia lebih muda. Merokok depan anak kebanyakan dilakukan pada seorang ayah yang perokok.

Paparan asap rokok apabila masih dalam kandungan ataupun setelah lahir, debu, kelelahan, hingga udara dingin, infeksi saluran pernapasan yang terjadi berulang-ulang akhirnya bersifat parah seperti pneumonia, riwayat alergi pada kulit atau eksim dan alergi makanan pun dapat memicu asma pula.

Penyebab asma pada anak sering kali dikaitkan karena paparan asap rokok maupun polusi udara lainnya. Akan tetapi, dapat pula disebabkan infeksi saluran napas tertentu yang terjadi pada anak-anak di usia sangat muda.

  1. Lahir prematur dan berat badan dibawah normal
READ  Inilah Ciri – Ciri Bayi Dengan Berat Lahir Rendah

Penyebab pasti asma belum diketahui. Meskipun juga, terdapat beberapa faktor yang diperkirakan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asma. Penyebab asma bawaan lahir dari anak antara lain dilansir menurut laman Alodokter genetik atau bawaan lahir, lahir prematur atau lahir dengan berat badan di bawah normal. Diketahui bahwa riwayat anggota keluarga yang  sedang mengidap penyakit  asma, eksim, gatal-gatal, atau rhinitis hingga faktor tinggal di daerah perkotaan akan memperbesar peluang meningkatnya paparan polusi udara, obesitas, sinusitis, serta laki-laki juga lebih berisiko mengidap asma.

  1. Konsumsi obat-obatan contoh Aspirin

Aspirin merupakan obat yang dikenal sejak zaman nenek buyut kita, aspirin juga sering digunakan dalam mengurangi rasa nyeri, menurunkan demam, serta banyak digunakan sebagai pencegah pembekuan darah untuk penderita sakit jantung (sebagai anti-platelet). Akan tetapi siapa sangka aspirin yang bermanfaat ini bisa menyebabakan efek samping pada pernapasan yang dokter pun sering kesulitan mendiagnosis penyakit ini.  Penyakit respirasi akibat konsumsi aspirin atau aspirin-exacerbated respiratory disease (AERD). AERD yang juga dikenal sebagai Samter’s Triad ialah kondisi medis kronis yang disebabkan oleh efek samping penggunaan aspirin. Kondisi ini ditandai dengan gejalanya antara lain asma, penyakit sinus, hingga reaksi alergi semu (pseudoalergi) terhadap aspirin atau obat golongan NSAID lainnya.

  1. Faktor lainnya
READ  Kembar satu plasenta

Faktor lain yang dapat menjadi penyebab asma pada antara lain olahraga yang kemudian dikenal pula sebagai asma yang diinduksi oleh olahraga, adanya faktor cuaca; perubahan suhu atau kelembaban, udara dingin, serta munculnya emosi yang kuat seperti kecemasan, tawa atau menangis, stres.

Nah itulah beberapa penyebab asma pada anak yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat menentukan langkah yang tepat untuk pengobatannya.

Sumber gambar :
https://www.halodoc.com
https://lifestyle.okezone.com