Kenali Ciri-Ciri Cacingan Yang Belum Anda KetahuiPernahkah anda mengetahui ciri-ciri dari cacingan yang sering menyerang manusia? Jika anda belum pernah mendengarnya, maka langkah ini adlaah langkah yang tepat untuk anda lakukan. Banyak sekali orang yang merasa penasaran dengan ciri yang sebenarnya dimunculkan ketika seseorang terkena cacingan. Karena biasanya orang tua sering merasa kebingungan jika anaknya tidak memiliki selera makan, selalu lemah dan lesu, dan memiliki ciri tubuh yang buncit namun kurus. Mungkin sekilas seperti orang yang kekurangan gizi, namun siapa sangka jika ternyata anak anda memiliki masalah dengan cacingan.
Maka dari itu, anda tidak boleh menganggap remeh semua gejala yang dimunculkan. Anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan, agar tingkat kesehatan anak anda tidak menurun. Lalu apa saja sebenarnya ciri-ciri dari cacingan itu?

    • Pertama gejala awa atau ciri awall yang sering dimunculkan oleh orang yang terkena cacingan adalah wajah yang pucat serta tidak merasa bergairah untuk melakukan aktivitas.
    • Kemudian tubuh sering terllihat lebih kurus dengan perut buncit yang khas.
    • Sering kekurangan berat badan bahkan saat nafsu makan sudah meningkat. Jadi tubuh akan selalu kurus meskipun konsumsi makanan yang dilakukan dalam jumlah yang tidak wajar.
    • Biasanya pada bayi, ciri-cirinya adalah adanya rasa yang tidak nyaman pada malam hari. Dan ciri ini ditandai dengan mereka yang sering menggaruk pantat mereka karena merasa gatal atau geli. Dan biasanya dibagian anusnya ada beberapa cacing kremi yang hinggap sehingga anda harus memeriksa bagian tersebut menggunakan senter karena bentuknya yang sangat kecil.
    • Baik dewasa ataupun anak-anak yang mengalami cacingan biasanya dicirikan melalui gangguan lambung dan juga diare yang tidak berkesudahan. Biasanya mereka akan sering merasa mulas namun sulit untuk buang air besar. Jika anda berada dalam kondisi ini, ada baiknya agar anda segera menghubungi dokter. Agar mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi.
    • Gejala selanjutnya atau ciri selanjutnya adalah seringnya batuk dalam kuantitas yang tidak umum.
      Lalu setelah muncul beberapa ciri-ciri cacingan yang telah disebutkan diatas. Anda juga bisa mendapatkan masalah lanjutan dari cacingan yang anda derita karena adanya perpindahan cacing yang berkembang biak di dalam tubuh anda. Biasanya mereka akan berpindah tempat dari usus ke bagian organ-organ lainnya sehingga terkadang banyak membuat organ ataupun jaringan mengalami kerusakan. Adapun beberapa ciri lanjutan jika cacing sudah mulai mengkontaminasi tubuh kita adalah mulai terkena demam karena ada infeksi banteri, terdapat benjolan-benjolan pada organ atau jaringan yang terinfeksi. Lalu jika semakin parah, anda bisa saja mendapatkan gangguan syaraf hingga menyebabkan kejang.
READ  Inilah Penyebab Asma pada Anak

Lalu apakah anda mengetahui apa saja penyebab cacingan yang saat ini anda derita? Keseringan makan makanan mentah adalah salah satu penyebab yang sering terjadi. Karena tanpa disadari banyak orang yang mengkonsumsi daging setengah matang tanpa tahu bahwa daging tersebut terkontaminasi infeksi bakteri. Seperti daging ikan, daging sapi, ataupun daging kambing. Selain dari daging, sering meminum air minuman yang sudah terkontaminasi dengan cacing juga bisa menjadi penyebabnya. Adanya kebersihan dan juga sanitasi yang buruk juga bisa menjadi beberapa penyebab mengapa anda bisa terkena cacingan.
Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa cacing sendiri biasanya ditularkan dari adanya kontak dengan kotoran-kotoran ataupun tanah yang sudah terkontaminasi dengan bakteri. Sehingga ketika kotoran tersebut terbang melalui udara, dan hinggap dalam makanan yang anda konsumsi. Anda bisa terkena masalah ketika mereka bereproduksi didalam tubuh anda. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang anda konsumsi agar anda tidak perlu bertemu dengan ciri-ciri cacingan.

READ  Inilah Ciri – Ciri Bayi Dengan Berat Lahir Rendah

Sumber : www.hellosehat.com