www.ogpnews.com

Bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah klasifikasi medis untuk bayi yang beratnya kurang dari 2.500 gram – atau 5 pon 5 ons – saat lahir. Walaupun mungkin lebih menakutkan untuk merawat bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah, tidak ada banyak perbedaan dalam perawatan sehari-hari bayi Anda yang baru lahir. Namun, anggota keluarga dari bayi dengan tingkat kelahiran rendah harus ekstra waspada untuk memastikan anak tetap sehat.

Apabila bayi Anda lahir dengan BBLR, mereka akan terlihat lebih kecil dari bayi yang baru lahir. Mereka mungkin memiliki tubuh yang kurus, memiliki sedikit lemak tubuh, dan memiliki kepala yang tidak proporsional.

Apa yang menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah?

Sebagian besar kasus bayi lahir dengan berat badan rendah adalah disebabkan oleh kelahiran prematur. Karena bayi tumbuh banyak pada tahap akhir kehamilan, banyak bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 tahun kecil dan kurus. Kondisi lain juga bisa menyebabkan bayi Anda dilahirkan dengan BBLR. Misalnya, BBLR dapat disebabkan oleh :

  • masalah dengan plasenta ibu kandung
  • komplikasi dengan kehamilan ibu kandung
  • pembatasan pertumbuhan intrauterin (IUGR)
  • cacat lahir
  • Nutrisi ibu yang buruk, penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau alkohol, atau perawatan prenatal yang tidak lengkap juga bisa meningkatkan risiko BBLR pada bayi Anda.
READ  Inilah Penyebab Asma pada Anak

Apa potensi komplikasi bayi berat lahir rendah?

Apabila bayi Anda lahir dengan BBLR, mereka akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami kesulitan perkembangan, komplikasi kesehatan, dan kematian dini daripada bayi yang lahir dengan berat badan normal. Mereka mungkin lebih lemah daripada bayi dengan berat lahir normal. Mereka juga mungkin mengalami kesulitan makan, menambah berat badan, tetap hangat, dan menangkal penyakit dan infeksi.

Beberapa komplikasi kesehatan umum yang terkait dengan BBLR meliputi:

  • paru-paru atau organ lain yang kurang berkembang
  • masalah pernapasan
  • masalah pencernaan
  • masalah neurologis
  • masalah mata atau telinga
  • sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

Semakin rendah berat lahir bayi Anda, semakin besar risiko komplikasi.

READ  Kenali Ciri-Ciri Cacingan Yang Belum Anda Ketahui

Bagaimana bayi berat lahir rendah didiagnosis?

Bayi Anda akan ditimbang segera setelah lahir. Apabila berat bayi Anda kurang dari 5 pon dan 8 ons, mereka akan didiagnosis dengan BBLR. Jika beratnya kurang dari 3 kilogram dan 5 ons, mereka akan didiagnosis dengan berat lahir sangat rendah (VLBW).

Selama perawatan prenatal yang tepat, dokter harus memantau perkiraan ukuran dan berat bayi saat dalam kandungan. Cara ini bisa membantu dokter mengidentifikasi kemungkinan kasus BBLR sejak dini, bahkan sebelum bayi Anda lahir.

Bagaimana bayi berat lahir rendah dirawat?

Rencana perawatan yang direkomendasikan bayi dengan BBLR akan tergantung pada situasi spesifik mereka. Apabila mereka terlahir dengan BBLR, mereka mungkin perlu dirawat di rumah sakit sampai berat badan mereka cukup untuk dipulangkan. Apabila bayi Anda memiliki komplikasi lain, seperti paru-paru yang kurang berkembang atau masalah usus, mereka kemungkinan harus tinggal di rumah sakit sampai komplikasi telah ditangani melalui perawatan medis. Bayi bisa menerima perawatan di unit perawatan intensif neonatal (NICU), di mana profesional kesehatan dapat menggunakan tempat tidur yang dikontrol suhu khusus dan teknik pemberian makan untuk merawat mereka.

READ  Fakta Penyebab Kembar Siam

Menurut Sumber Kesehatan Organisasi Dunia yang Dipercayai, bayi dengan BBLR harus diberi ASI ibu mereka jika memungkinkan. ASI (dan menyusui jika memungkinkan) bisa membantu meningkatkan pertumbuhan dan pertambahan berat badan. Jika ASI ibu kandung mereka tidak tersedia, ASI donor manusia dapat digunakan. Formula harus dianggap sebagai pilihan terakhir untuk nutrisi.

Sumber :
www.urmc.rochester.edu
www.healthline.com
www.verywellfamily.com